Benarkah Adanya Gempa Di Jebus, Bangka Barat??

Posted by Fajar on 10.24.00

Benarkah Adanya Gempa Di Jebus, Bangka Barat?? Sungguh bukan kabar yang enak didengar, apalagi bagi warga bangka belitung tepatnya di daerah dekat lokasi terjadinya gempa, jebus bangka barat. Gempa yang sempat terjadi di daerah bangka barat ini cukup membuat penduduk sekitar panik, termasuk saya sendiri walaupun sampai sekarang belum ada kepastian apa penyebab terjadinya gempa tersebut.

Awalnya saya mendengar berita ini dari bbm teman teman yang menulis status bangka gempa dengan emoticon sedih, sontak membuat saya terkejut dan langsung saya buka facebook untuk mencari informasi lebih detail.

gempa bangka jebus
gempa jebus bangka barat

Tak salah lagi, berita ini memang sudah menyebar luas hampir ke semua warga bangka dalam sekejap, karna saya melihat sempat menjadi trending post di grup facebook (grup jual beli bangka belitung).

Setalah saya cek lagi dan terus mencari informasi, saya menemukan banyak postingan tentang gempa yang terjadi di jebus bangka barat, berikut rangkuman yang berhasil saya dapat dari berbagai sumber terpercaya :

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga belum benar benar memastikan gempa yang terjadi pada Selasa (30/08/16) dilokasi terkait benar adanya terjadi, namun meraka akan terus mencari informasi untuk memastikan kejadian gempa di jebus.

Selaku Kepala BMKG Pangkalpinang, Nurul Huda pun mengatakan bahwa pihaknya akan terus mencari informasi tentang terjadinya gempa di lokasi tersebut. (tribunnews)

Selain itu, Nuruh Huda juga mengatakan bahwa kawasan bangka barat tersebut, juga memiliki riwayat gempa sekitar tahun 2007 silam, dan sebetulnya pulau bangka ini juga memiliki patahan namun dengan status tidak aktif, sehingga penyebab nya pun masih belum dapat dipastikan.

Ada warga yang menyebut itu adalah sebuah dinamit, dan ada juga yang beranggapan betul adanya terjadi gempa.

Informasi yang saya dapatkan kekuatan gempa di jebus bangka barat ini mencapai angka 4,0 SR, dan berlangsung sekitar 5 detik. saya rasa itu bukanlah angka yang biasa untuk gempa yang tejadi ke dua kalinya di bangka.

Warga yang sempat merasakan gempa ialah warga sekitaran wilayah Dusun Penganak Desa Air Gantang Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat, awalnya warga mendengar suara dentuman yang keras dari arah utara dusun disertaidengan terjadinya getaran yang diduga gempa.

Warga pun sempat lari keluar rumah setelah adanya getaran gempa tersebut, yang terjadi kira kira jam 21.30 WIB.

Informasi lebih lanjut kunjungi situs Tribunnews Bangka


Bang Tama
New Johny WussUpdated: 10.24.00

1 komentar:


Bang Tama