5 Contoh Peluang Bisnis Bidang IT

Posted by Fajar on 17.11.00

Ada banyak Peluang Usaha di Bidang Multimedia - Untuk teman teman yang masih sekolah ataupun yang sudah tamat lalu memiliki minat untuk terjun di bidang bisnis multimedia, saya akan memberi beberapa contoh peluang usaha bidang multimedia.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang peluang bisnis bidang multimedia, alangkah lebih baiknya jika kita intropeksi diri dahulu.

Kenapa kita ingin berbisnis??
Apa tujuan Kita berbisnis??
Lalu kenapa memilih bidang IT??

Mungkin untuk menjawab semua pertanyaan diatas tidaklah sulit, jika kita lihat saja perkembangan zaman sekarang. bidang IT atau Multimedia sangat menjanjikan untuk dijadikan lahan berbisnis, karna setiap orang atau pelanggan tidak akan habisnya datang membeli atau menggunakan jasa di bidang multimedia.

"karna setiap orang atau pelanggan tidak akan habisnya datang membeli atau menggunakan jasa di bidang multimedia."

Nah untuk tujuan tersebut saya tidak bisa mendeskripsikannya dengan jelas karna setiap orang punya tujuannya masing masing. dan jangan lupa untuk memulai suatu bisnis ada beberapa modal yang harus teman teman miliki, yakni Skill dan Modal Materi (uang).

peluang bisnis multimedia
peluang bisnis multimedia

Dalam bisnis bidang multimedia yang akan saya bahas dibawah ini, teman teman bisa mulai dengan bisnis yang kecil dahulu, contohnya membuat studio foto mini. tetapi untuk teman teman yang memiliki modal yang cukup banyak bisa langsung memulai dengan modal yang lumayan besar nominalnya, contohnya sama seperti membuat studio foto dengan alat alat studio yang lengkap.

Dari beberapa ide bisnis bidang IT yang akan saya jelaskan sedikit dibawah ini, alangkah baiknya jika teman teman semua memilih sesuai hobi, atau memilih yang kira kira akan nyaman dikerjakan. agar saat menjalankan bisnis tersebut kita sendiri akan merasa nyaman dan tidak gampang jenuh. Langsung saja tanpa panjang lebar lagi inilah Contoh Peluang Bisnis Bidang IT :

1. Animator

Animator ialah orang yang membuat animasi, biasanya lulusan jurusan multimedia sudah dibekali ilmu membuat animasi, bahkan sudah bisa membuat animasi walaupun durasinya pendek.

Biasanya bisnis bidang ini ialah menawarkan jasa kita ke perusahaan atau orang yang membutuhkan, seperti iklan masyarakat, biasanya menggunakan animasi. atau kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan tersebut untuk menjadi animator.

Nah untuk kamu yang mempunyai skill di anmiasi apa salahnya mencoba berbisnis??

2. Desain Grafis

Multimedia juga biasanya identik dengan desain, buat kamu yang mempunyai kemampuan di bidang desain alangkah baiknya jika dijadikan alat untuk mencetak uang. karna pada umumnya desain sangat diminati banyak orang.

Contohnya brosur, spanduk, baju kaos, logo komunitas, dan lain sebagainya. kamu bisa menjual jasa kamu secara online maupun offline, atau jika kamu masih belum siap terjun ke dunia bisnis kamu bisa bekerja di percetakan sebagai desainer.

3. Fotographer

Punya skill fotografi?? atau kamu hobi foto?? yap tidak ada salahnya mencoba berbisnis, karna saya jamin orang orang akan sangat membutuhkan fotographer di zaman yang sekarang.

Contohnya jika ada acara keluarga, ulang tahun, wedding atau sebagainya, pasti membutuhkan dokumentasi foto untuk mengabadikan momment tersebut. Buat kamu yang masih belum berani terjun ke dunia bisnis?? kamu bisa memulainya dengan bekerja di studio foto untuk jadi Photographer.

4. Videographer

Sama halnya dengan fotographer, orang orang juga membutuhkan sebuah dokumentasi jika ada acara acara yang wajib di abadikan momment tersebut. hanya bermodal skill dan DSLR kamu bisa menjalankan bisnis ini.

Baca juga : VideoPad - Aplikasi Terbaik dan Ringan Untuk Edit Video

Video dokumentasi juga tak kalah dengan foto dokumentasi, jaman sekarang pun peminat video dokumentasi sudah banyak bahkan jika kamu serius di bidang ini kamu bisa belajar cinematography untuk membuat sebuah film dan lain sebagainya.

5. Wirausaha bidang IT

Dari beberapa bidang diatas yang saya sebutkan, dan tidak ada yang cocok untuk teman teman mungkin bidang ini bisa teman jalankan.

Multimedia atau IT sangat membutuhkan banyak alat dan biasanya untuk membeli alat alat tersebut sulit didapatkan, nah ini adalah kesempatan kita untuk membuka usaha bidang IT.

Kita bisa menjual alat alat yang dibutuhkan orang orang, seperti toko komputer, printer serta jual tintanya, laptop serta jasa servicenya, kabel kabel keperluan jaringan, dan masih banyak lagi alat alat multimedia yang tak bisa saya sebutkan satu per satu hhehehe.

Nah itu dia beberapa contoh peluang usaha bidang multimedia, dan perlu teman teman ingat sebelum memilih dan menjalankan bisnis tersebut, pilihlan sesuai minat, hobi atau skill agar bisnis berjalan dengan lancar.

Semoga artikel tentang 5 Contoh Peluang Bisnis Bidang IT bermanfaat untuk teman teman semua dan dapat memberi ide dan berani untuk terjun di dunia bisnis. Salam Sukses


Bang Tama
New Johny WussUpdated: 17.11.00

0 komentar:

Posting Komentar


Bang Tama