Teknologi Indonesia Sepanjang 2016

Posted by Fajar on 01.10.00

Jika berbicara tentang Teknologi pasti tiada habisnya, perkembangan perkembangan teknologi pun sangat pesat. tak hanya di negara negara asing saja. Indonesia pun tampak menciptakan teknologi teknologi baru khususnya ditahun 2016 ini.

Apakah kalian pernah mendengar teknologi teknologi baru ditahun 2016?? pasti kalian pernah mendengar negara A mengeluarkan teknologi ini Negara B ngeluarin teknologi itu, tapi kalian tidak pernah mengenal negara kita sendiri mengeluarkan apa di tahun 2016 sekarang mari kita Bahas apa aja sih perkembangan teknologi indonesia di tahun 2016.


perkembangan iptek indonesia
perkembangan teknologi 2016


1. Alat Anti Vandalisme (Perusak atau Penggangu)

Pernahkah tembok rumahmu jadi aksi vandalisme oleh orang tidak dikenal atau pernahkah anda sebal ketika melihat lingkungan dirumah mu kotor akibat aksi vandalisme atau pengganggu yang tak bertanggung jawab.

Inilah yang dipikirkan oleh Satya Nugraha dan Supriyono siswa Ototronik (otomotif dan elektronik) dari SMK Negri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Mereka menciptakan sebuah inovasi baru yaitu alat penangkal aksi perusak dan penggangu tersebut.

ciptaan anak bangsa indonesia
teknologi anti vandalisme karya anak bangsa

Cara kerja alat ini adalah dengan meletakan 2 sensor gerak di atas tembok, sensor ini akan mendeteksi semua gerakan yang ada di bawahnya termasuk gerak gerik pelaku vandalisme/ pelaku corat coret dinding.

Saat terdeteksi ada pergerakan pelaku corat coret dinding yang akan menyemprotkan cat alat ini akan secara otomatis akan mengeluarkan air dari atas tembok dan mengalir mengikuti permukaan dinding tersebut.

Karena ada air yang mengalir inilah cat atau tinta yang disemprotkan pelaku corat coret dinding akan luntur dan terbawa oleh air yang dikeluarkan dari atas tembok tersebut.

Selain mendeteksi para pelaku corat coret dinding alat ini juga bisa mendeteksi orang yang akan memanjat tembok dengan kata lain alat ini akan mendeteksi perampok atau maling yang ingin memasuki rumah anda lalu sketika alat itu akan mengeluarkan suara yang cukup besar.

Untuk menambahkan fitur pencegahan maling diperlukan alat tambahan yaitu alarm yang ditambahkan pada komponennya. Alat ini mampu mendeteksi segala sesuatu di dekatnya dengan jarak 30cm dari dekat tembok.

Berkat inovasinya tersebut kedua pelajar ini bahkan mendapatkan bantuan dari Intel Corporation secara langsung.

Dari segala kelebihannya tentu saja alat ini masih memiliki kekurangan karena alat ini masih berupa prototype diantaranya adalah :
  1. Alat ini hanya bisa di aplikasikan pada tembok 3 x 3 meter saja jadi kalau misalkan kita punya tembok yang sangat luas kita perlu memasang alat ini sampai beberapa kali sedangkan satu alat ini membutuhkan biaya sampai 100 ribu rupiah untuk sensornya.
  2. Masih dikembangkan cairan yang akan di pakai karena alat yang sekarang belum bisa menghentikan vandalisme jika menggunakan cat minyak sebagai bahannya.
  3. Karena model sensornya mendeteksi 30cm di depan tembok maka jika ada orang yang mencorat coret dari jarak di luar itu tidak akan dideteksi(masih akan di perbaiki).
  4. Bukan hanya corat coret kalo ada orang kencing sembarangan atau ada orang nyender akan kesiram atau mungkin kalo ada cicak lewat juga disiram(masih akan diperbaiki).

Baca juga : 10 Teknologi Indonesia Terhebat Sampai Saat Ini

ROPI (Robot pintar)

Apakah kalian sering lihat di televisi atau di youtube tentang robot robot canggih ciptaan korea, jepang, amerika, dan negara eropa lainnya mulai dari sekarang kalian akgk usah iri sama negara negara itu

Kenalkan ROPI alias robot pintar, ropi adalah robot buatan anak indonesia mereka menamai timnya dengan nama karya anak merah putih, tim ini hanya terdiri dari 20 orang dengan pemimpin bernama yohanes.

robot pintar karya indonesia
robot pintar karya indonesia

ROPI di luncurkan mulai dari tanggal 16 maret 2016

Dengan diluncurkannya ropi tim anak merah putih membuktikan bahwa indonesia patut dijadikan saingan dalam hal teknologi robotic di masa depan, bukan hanya itu Ropi pun menjadi robot pintar pertama melayani untuk Indonesia maupun dunia (luar biasa ya).

Ropi diciptakan untuk tujuan membuat jasa periklanan, marketing dan membantu manusia sekaligus.

Apakah bisa Ropi membantu manusia?? Bagaimana Caranya??

Ropi ini telah di luncurkan di mal mal di indonesia dan bisa membantu anda misalkan anda tidak tahu tempat membeli baju di mal tersebut atau dimana tempat menonton film di mall itu kamu bisa tanyakan kepada ropi karena ropi bisa mengerti apa yang kamu maksud dan langsung menjawabnya.

Selain itu ropi juga multi fungsi loh ropi bisa mengeluarkan gelembung atau balon dari dalam tubuhnya, bisa menari,bisa menyanyi, dll jadi kamu kalau ketemu si robot ini kamu bisa memintanya untuk menyanyi untuk menghibur anak kecil ya.

Ropi ini bekerja berdasarkan sensor yang dilengkapi display berupa layar untuk menunjukkan data visual yang diinginkan. Ropi digerakkan dengan menggunakan accu dan mampu bergerak selama dua belas jam. Bila pada saat pagi hari Ropi mulai bekerja pada pukul 10 pagi maka dia harus istirahat pada pukul 10 malam.

Hingga saat ini ropi memiliki 3 versi yaitu versi1 versi 2 dan versi3 kemungkinan masih akan dikembangkan sampai versi7. Sayangnya ropi ini tidak diperjual belikan  untuk melindingi hak ciptanya dan agar tidak ditiru oleh orang lain.

Namun jika anda ingin mencoba menggunakan ropi di rumah anda atau di toko anda anda bisa menyewanya dan akan diawasi oleh tim pembuatnya.


Baca juga: Hacker Indonesia Terhebat

Tambal Ban Portable

Pernahkah kalian ingin pergi ke suatu tempat menggunakan sepeda motor atau mobil ketika enak enak jalan tiba tiba ban anda bocor apalagi di daerah yang gak dikenal , di tengah pedesaan atau bahkan di tengah hutan dimana di tempat tersebut tidak ada tukang tambal ban, anda harus jalan berkilo kilo meter atau habislah riwayat anda.

Itulah yang dirasakan Alfan Alfian SMK N 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. sehingga membuat dirinya dan teman temannya ingin menciptakan tekonolgi Tambal Ban Portable ini.

alat tambel ban prtable karya anak bangsa
tambal ban portable karya anak bangsa

Saat ia berkendara di daerah pekalongan mengalami kebocoran ban ,di tengah malam ia sendirian menuntun motornya sambil mencari bantuan.

Belajar dari pengelaman pahitnya ia dan 1 orang temannya yaitu Iqbal membuat sebuah alat tambal ban yang praktis dan daat dibawa kemana mana alias portable tyre press.

Kalau kita membeli benda ini kita akan diberikan beberapa alat di dalamnya.


Baca juga : 5 Contoh Peluang Bisnis Bidang IT


Alat utamanya adalah sebuah baja anti karat atau stainless steel berdiameter 5cm berbentuk huruf p yang di bagian belakangnya terdapat tuas untuk memutar persis seperti alat tambalban biasa tapi ini tidak memiliki penyanggah serta beberapa alat kecil lainnya untuk membantu menambal ban seperti alat pencongkel ban dalam dan lainnya, beberapa alat ini muat di bagasi motor anda sehingga tidak perlu khawatir yah.

Nah untuk cara kerja alat ini bisa teman teman lihat dibawah :

  1. Mengeluarkan angin dari dalam ban menggunakan alat seperti selang
  2. Mengeluarkan ban bagian dalam dengan alat pencungkil ban
  3. Mencari sumber kebocoran di ban dengan wadah dari alat alat tersebut yang di isi air
  4. Menggesek di sekitaran ban yang bocor menggunakangergaji besi
  5. Menambal ban dengan menggunakan alat utama yang berbentuk huruf p , cara menambalnya pun unik yaitu dengan cara menempelkan ban di kenalpot motor yang panas , area yang tidak bocor dilapisi kertas agar tidak meleleh, lalu ban  nya di press oleh alat utama tadi
  6. Pemompaan ban yang sudah di tambal menggunakan kenalpot, yaitu dengan cara selang yang sudah dimodifikasi sehingga dapat mengalirkan udara dari kenalpot ke ban.

Alat ini sudah resmi dan sudah di patenkan oleh Kementrian Hukum dan HAM.

Alat ini pun memenangkan Juara 1 Lomba Tingkat Kabupaten dan mengikuti pameran pameran tingkat Internasional.

Berharap saja alat ini segera disebar luaskan dan bisa dijual di toko toko agar kita tidak kesulitan saat mengalami ban bocor atau semacamnya ya (tapi pengusaha tambal ban bakal bangkrut nih :v).

Ya itulah 3 penemuan baru dari indonesia sepanjang tahun 2016 bila ingin menambahkan bisa tambahkan di komentar.

About author " saya adalah rifladi elninoru admin dari trickgnt.blogspot.com saya adalah murid salah satu smk negri di jakarta kenapa saya memilih bang tama untuk bertamu karena menurut saya bang tama termasuk orang yang sukses dalam bloging dan memiliki niche yang sama seperti saya"


Bang Tama
New Johny WussUpdated: 01.10.00

0 komentar:

Posting Komentar


Bang Tama